• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Pilkada Sumbar Makan Korban! Amnasmen-Izwaryani Diberhentikan Sebagai Ketua dan Kordiv Teknis KPU Sumbar

    Pilkada Sumbar Makan Korban, Amnasmen-Izwaryani Diberhentikan Sebagai Ketua dan Kordiv Teknis KPU Sumbar.

    SUMBARRAYA.COM, - - - 

    Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Sumatera Barat (Sumbar) memakan korban. Pasalnya, Ketua KPU Sumbar Amnasmen dan Koordinator Devisi Tekhnis Izwaryani diberhentikan di tengah jalan.

    Dalam sidang putusan DKPP, keduanya diberhentikan sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum dan koordinator divisi teknis dan diberi sangsi peringatan keras.

    "Karena telah melanggar kode etik, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dengan ini memberhentikan Amnasmen sebagai ketua KPU Sumbar," kata Sekretaris DKPP Bernad Dermawan Sutrisno, dalam keterangannya, Rabu, 4 November 2020.

    Amnasmen dan Izwaryani diberhentikan dari posisinya masing-masing sekaitan pengaduan calon gubernur perseorangan, Fahrizal-Genius Umar ke DKPP. 

    Pasangan tersebut merasa dirugikan atas hasil verifikasi faktual, diman para pendukung harus menandatangani formulir dukungan. 

    Sementara Formulir tersebut dinilai tidak ada dalam aturan dan membuat dukungan kepada pasangan Fahrizal- Genius berkurang.

    DKPP menyimpulkan ada ketidakprofesionalan anggota KPU Sumbar dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

    Selain itu ada ketidakpastian hukum yang ditimbulkan dari keberadaan formulir pernyataan dukungan saat verifikasi faktual. 

    Alasannya surat pernyataan tersebut hanya berlaku untuk bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur dari jalur perseorangan. Sementara di kabupaten/kota formulir pernyataan tersebut tidak ada.

    Selain Amnasmen dan Izwaryani, tiga komisioner lainnya, Nova Indra, Gebril Daulai dan Yanuk Sri Mulyani juga diberi sangsi peringatan. Seperti dilansir dari kanal YouTube-nya, DKPP memberi waktu kepada KPU RI selama tujuh hari untuk melaksanakan keputusan yang dibacakan oleh Ketua dan Anggota DKPP tersebut. 

    (By/Wan/Ag)

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa