• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Catatan Isa Kurniawan Tentang Sosok Irwan Basir, TERUSLAH MELANGKAH IRWAN BASIR DT RAJO ALAM DAN TEBARKANLAH KEBAIKAN


    Terakhir bertemu dengan Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM salah satu putra terbaik Kuranji, Kota Padang yang saat ini dan menjadi buah bibir masyarakat Kota Padang dengan aktivitas sosialnya, adalah ketika bulan puasa tahun lalu saat berbuka puasa bersama di rumah anggota DPR RI Asli Chaidir di kawasan Ujung Gurun Padang.

    Sebagai seorang sahabat, memang sudah lama saya tidak berjumpa dengan Irwan Basir yang akrab di sapa (Datuk IB). Kami pernah sama beraktivitas dalam organisasi kepemudaan, dimana IB menjadi Ketua KNPI Kota Padang dan saya termasuk salah seorang Wakil Ketuanya KNPI Kota Padang.

    Pada masa itu, sekitar tahun 2000-an, kami KNPI Kota Padang menggelar kembali lomba "Selaju Sampan" di Banjir Kanal GOR. H. Agus Salim Kota Padang dengan memperebutkan Piala Menteri Dalam Negeri (Mendagri), dimana acara lomba dayung sampan tradisional Kota Padang itu dibuka secara langsung oleh Mendagri M. Ma'ruf.

    Itulah awal kembalinya event lomba "Selaju Sampan" digelar setelah berhenti sekian lama di Batang Arau Palinggam. Kemudian, di Banjir Kanal, oleh Walikota Padang Fauzi Bahar dilaksanakan lomba "Perahu Naga". Lomba "Selaju Sampan" tradisional sebentar ada dilaksanakan tapi kemudian ke sininya tidak lagi.

    Terlihat bahwa komitmen Irwan Basir terhadap pelestarian budaya tradisional Kota Padang, tidak diragukan lagi. Budaya tradisional "Selaju Sampan" merupakan asset budaya Kota Padang. Lainnya bisa juga dilihat, dimana kiprah Irwan Basir sebagai ninik mamak dalam mengangkat kearifan lokal/budaya tradisional di kampungnya Kecamatan Kuranji pun sangat tinggi.

    Oh iya, hampir lupa. Pada waktu bertemu di rumah Asli Chaidir itu, tidak banyak yang bisa kami bicarakan. Hanya kangen-kangenan saja karena sudah lama tidak jumpa. Di samping itu untuk bicara banyak pun tidak kondusif karena orang ramai. Kemudian Irwan Basir pun bersama rombongannya sepertinya tergesa mau pulang.

    Setahu saya, sosok Irwan Basir merupakan seorang organisatoris tulen. Berorganisasi bagi Irwan Basir sudah menjadi bagian dari hidupnya. Saat ini Irwan Basir menjadi Ketua DPD Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Padang, Ketua Majelis Permusyawaratan Adat Pauh IX Kuranji, Ketua Penasehat Badan Musyawarah Pembangunan Nagari (BPMN) Pauh IX Kuranji, serta memimpin/pengurus beberapa organisasi alumni dan ormas.

    #Wik | DP

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa