• Breaking News

    Terkait Virus Corona, Pemerintah Evakuasi 245 WNI dari Provinsi Hubei

    Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyatakan pemerintah akan mengevakuasi sebanyak 245 warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Provinsi Hubei, Tiongkok, Sabtu (1/2/2020), dengan menggunakan pesawat berbadan lebar milik maskapai Batik Air. (foto; Istimewa)
    SUMBARRAYA.COM, (JAKARTA) - - - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyatakan pemerintah akan mengevakuasi sebanyak 245 warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Provinsi Hubei, Tiongko, pada hari ini, Sabtu (1/2/2020), dengan menggunakan pesawat berbadan lebar milik maskapai Batik Air.

    Menlu Retno dalam jumpa pers di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (1/2/2020), mengatakan akan ada 245 WNI dan lima anggota tim aju (advance) yang akan dipulangkan ke Indonesia pada hari ini. Sehingga, total ada 250 WNI yang akan dievakuasi.

    "Jumlah WNI yang akan kembali adalah 245 plus lima tim kita yang sudah ada di lapangan ikut pulang untuk ikut protokol kesehatan. Jadi total yang akan naik dari Wuhan adalah 250," kata Menlu Retno.

    Ia mengatakan saat ini WNI yang ada di Provinsi Hubei sedang bergerak menuju ke bandara internasional di Wuhan. Para WNI tersebut bergerak dari beberapa lokasi, seperti Zinzou dan Xianjing.

    Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan WNI yang dievakuasi adalah WNI dalam kondisi sehat. Menurutnya, penjemputan ini akan dilakukan sesuai dengan protokoler kesehatan, di mana setelah WNI tiba dari Hubei, mereka tetap harus menjalani protokol kesehatan di Indonesia.

    Evakuasi WNI ini merupakan instruksi dari Presiden Joko Widodo untuk menghindari terjangkit wabah virus corona. Sebelumnya, Badan Kesehatan Dunia (WHO) sendiri telah menetapkan situasi darurat global terkait mewabahnya virus corona tersebut.

    # Wik

    No comments

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa