• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Soal Natuna, Jokowi : Mengenai Kedaulatan dan Teritorial Negara, Tidak Ada Tawar Menawar


    SUMBARRAYA.COM, (Jakarta), - - -
    Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menegaskan tidak ada tawar-menawar mengenai kedaulatan Republik Indonesia di Kepulauan Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

    Penegasan itu disampaikan Presiden Jokowi terkait masuknya kapal penangkap ikan asal Tiongkok yang dikawal coast guard ke dalam perairan Natuna.

    “Yang berkaitan dengan Natuna, saya kira seluruh statement yang disampaikan sudah sangat baik. Tidak ada yang namanya tawar-menawar mengenai kedaulatan, mengenai teritorial negara kita,” kata Presiden Jokowi.

    Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD bersikap tegas terhadap masuknya kapal asing asal Tiongkok ke perairan Natuna. Mahfud menyampaikan, tidak ada negosiasi atas kasus tersebut sebab perairan Natuna mutlak merupakan wilayah Republik Indonesia.

    Sebelumnya, Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengatakan tidak akan terpancing terhadap upaya provokasi yang dilakukan nelayan Tiongkok yang masuk ke wilayah perairan Natuna. Saat ini, TNI juga masih akan berpegang teguh terhadap pedoman hukum laut internasional.

    "Kita (TNI) tidak ingin terprovokasi. Mereka melakukan provokasi supaya kita melanggar hukum laut internasional itu sendiri. Sehingga kalau itu terjadi, bisa kita yang disalahkan secara internasional dan kita yang rugi," kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayor Jenderal Sisriadi, ketika ditemui sesaat setelah pelantikan Kepala Pusat Informasi Maritim TNI, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (6/1/2020).

    Sementara itu secara terpisah, Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana mengatakan Coast Guard Tiongkok dan kapal-kapal nelayan Tiongkok memasuki wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di Natuna Utara.

    Menurut dia, keberadaan ZEE tidak berada di Laut Teritorial, melainkan berada di Laut Lepas atau High Seas, sehingga tidak ada pelanggaran kedaulatan.

    # Wik | mond/Beritasatu

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa