• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Nadiem Hapus UN, Menteri Malaysia: Negara Maju Juga Melakukannya

              Nadiem Hapus UN, Menteri Malaysia: Negara Maju Juga Melakukannya
    Foto: Mendikbud Nadiem Makarim.
     
    SUMBARRAYA.COM, - - - Menteri Pendidikan Malaysia, Dr Mazlee Bin Malik memuji rencana Mendikbud Nadiem Makarim yang akan menghapus Ujian Nasional (UN) pada 2021.

    "Saya kira itu tindakan wajar dan bijak dari Kemendikbud Indonesia dan ini bukan sesuatu yang baru karena di negara-negara maju sudah lama dilaksanakan demikian pula di Malaysia dan Singapura," ujar Mazlee ketika diwawancarai di Kementerian Pendidikan Malaysia, Putrajaya, Jumat, 13 Desember 2019.

    Mazleen melihat pembinaan holistik para pelajar sebagai tolak ukur yang paling penting.
     
    "Seorang pelajar itu harus menargetkan karirnya untuk lulus bukan hanya dilihat dari ujiannya semata-mata namun juga pencapaian kemahiran aktifitas dan juga ruang kreatifitas serta inovasi," katanya.
     
    Untuk mendatang, ujar dia di Malaysia akan menggunakan big data dan kecerdasan buatan (artificial inteleligent) untuk memprofil setiap murid.

    "Berdasarkan ini ketika mereka dihadapkan untuk mengambil jurusan ada informasi awal hingga penghujungnya yang bisa memberitahu bidang mana yang paling cocok. Ini akan diberlakukan satu tahun lagi," katanya.

    Mendikbud Nadiem Makarim memutuskan menggantikan Ujian Nasional mulai 2021. Pelaksanaan UN yang biasa mengujikan mata pelajaran diganti formatnya dengan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter.

    (Sumber: Tempo. co)


    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa