• Breaking News

    Gaung Inovasi Gunung Pangilun Menarik Perhatian Wali Nagari Tanjung Gadang

    SUMBAR RAYA.COM, Padang - - -

    Banyak kegiatan pemberdayaan di Kelurahan Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara yang kemudian viral di media sosial, salah satunya geliat pembangungan kawasan tertinggal yang telah ditetapkan sebagai Kampung KB Percontohan Sumatera Barat. Hal ini banyak jadi topik kunjungan studi banding dari daerah lain ke Kelurahan Gunung Pangilun.

    Jumat (28/12/2018), Kelurahan Gunung Pangilun kembali mendapat kunjungan dari daerah lain, kali ini dari rombongan Walinagari Tanjung Gadang, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung. Kunjungan rombongan yang terdiri dari Badan Pemerintahan Nagari (BPN) dan Bundo Kanduang ini disambut Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Wahyu Iramana Putra yang juga selaku warga Gunung Pangilun, Camat Padang Utara Editiawarman, Lurah Gunung Pangilun, Andi Amir, Ketua LPM, Bundo Kanduang serta Ketua PKK.

    Wahyu Iramana Putra dalam sambutannya menyebut, Kelurahan Gunung Pangilun mengalami kemajuan dalam dua tahun terakhir. Ini tidak terlepas dari peran camat, lurah dan unsur lainnya yang selalu berkoordinasi dalam memberikan kontribusi untuk setiap kegiatan pembangunan. Jika sebelumnya, Gunung Pangilun dikenal sebagai langganan banjir, sekarang tidak pernah lagi terjadi. Begitu juga dengan infrastruktur jalan yang masih minim di beberapa wilayah RW, kini sudah banyak mengalami perubahan, salah satunya di wilayah Kampung KB.

    "Selaku wakil rakyat dari Daerah Pemilihan setempat, saya selalu mengutamakan dapil untuk peningkatan pembangunan infrastruktur dan penyelesaian semua permasalahannya," kata Wahyu.

    Sementara itu, Camat Padang Utara, Editiwarman menyambut baik kunjungan rombongan dari Nagari Tanjung Gadang, Sijunjung ke Kelurahan Gunung Pangilun. Hal itu menunjukkan informasi tentang kiprah Lurah Gunung Pangilun dalam pemberdayaan masyarakat dan pembangunan program lainnya sudah meluas, baik melalui media sosial maupun media informasi lainnya. "Ini bisa dijadikan motivasi untuk memajukan nagari," sebutnya.

    Lurah Gunung Pangilun Andi Amir memaparkan lebih jauh terkait yang telah dilakukan dalam mengembangkan potensi di wilayahnya. Selain pemberdayaan di
    Kampung KB juga peningkatan pelayanan publik dengan melahirkan berbagai inovasi.

    "Setiap inovasi dan kegiatan yang kami lakukan tidak jarang mendapatkan apresiasi  dari Pemerintah Kota Padang. Beberapa kali kami diganjar prestasi," tutur Lurah Terbaik Kota Padang 2018 itu.

    Sedangkan Walinagari Tanjung Gadang, Zukri selaku pimpinan rombongan mengungkapkan, kunjungan ke Gunung Pangilun didorong keinginan untuk memajukan nagari. Pihaknya banyak mendapatkan informasi tentang kiprah Lurah Gunung Pangilun yang banyak membuat inovasi-inovasi baik dalam pemberdayaan masyarakat, maupun dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

    "Kami tertarik meniru apa yang telah dilakukan Lurah Gunung Pangilun sehingga kami memutuskan untuk studi kesini," kata Zukri.

    Zukri menyebut, meskipun kultur sosial masyarakat dan topografi wilayah nagari Tanjung Gadang berbeda dengan Gunung Pangilun yang berada di bawah Pemerintahan Kota Padang, namun prinsip pembangunan yang dilakukan sama-sama bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat.

     "Prinsip dan semangat dalam memajukan daerah ini akan kami tiru dan ingin juga melahirkan inovasi-inovasi yang dilakukan untuk kesejahteraan masyarakat," tukasnya.

    #   dr

    No comments

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa