• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Brigjend.TNI Sudarto,S.IP Tinjau Pelaksanaan TMMD Ke 103 Wil.Kodim 0307 TD


    SUMBARRAYA.COM, TANAH DATAR - -- Brigjend.TNI Sudarto,S.IP, selaku pimpinan Tim Masev TMMD ke 103 meninjau pelaksanaan TMMD (Tentara Manunggal Membangun Desa) jorong kubanglandai kenagarian saruaso Kabupaten Tanah Datar Kamis (01/11). TMMD yang ke 103 ini yang dilaksanakan di wilayah Kodim 0307 TD ini hampir rampung 100%. Yang mana pekerjaan ini dilakukan dengan berbagai kegiatan fisik dan non fisik oleh Prajurit TNI Kodim 0307 TD.


    Rombongan ini meninjau lokasi menuju pada titik sasaran yang didampingi oleh wakil bupati Zuldafri Darma, Dansatgas TMMD Letkol.inf.Edi S.Harahap, dan Forkopinda. Tim langsung melihat seperti hasil pengecoran sepanjang 400 meter dengan lebar 35 meter, Rehap rumah tidak layak huni dan Irigasi yang terus dikejarkan pengerjaannya. Karna mengingat saat ini di wilayah Tanah Datar dan sekitarnya intensitas curah hujan cukup tinggi mengakibatkan kondisi jalan yang dikerjakan berlumpur dan sulit dilalui kendaraan, dengan bantuan perkumpulan mobil off-road Batusangkar, mereka dengan semangat menelusuri jalan yang becek ini.
    Wakil Bupati Zuldafri Darma langsung turun tangan mengendarai sindiri kendaraan double gardan ini dan dinavigatori sang Dandim Edi S Harahap. Tampak turut serta dalam iring-iringan Kajari Tanah Datar M. Fatria dan beberapa pejabat lainnya.
    Sebelum meninjau lokasi ini, Sudarto dan rombongan terlebih dahulu disambut Wakil Bupati Zuldafri Darma dan beberapa pejabat daerah di Gedung Indo Jolito Batusangkar. Usai disambut acara dilanjutkan dengan penyampaian laporan oleh Komandan Tugas TMMD Dandim 0307 Tanah Datar Letkol. Inf. Edi S Harahap.
    Disebutkannya bahwa sasaran dari TMMD antara lain pembukaan jalan baru dari Kubang Landai menuju Minangkabau Kecamatan Sungayang sepanjang 2 km, pengecoran jalan sepanjang 400 meter, pembuatan saluran irigasi dan melaksanakan rehab rumah warga yang tidak layak huni serta berbagai kegiatan non fisik. Yang membuat para prajurit TNI ini lebih bersemangat adalah, tingginya swadaya masyarakat dalam membantu pelaksanaan rehab rumah warga yang tidak layak huni serta kegiatan fisik lain,” kata Dandim dihadapan Jenderal bintang satu ini.
    Di samping rehab RTLH, ucap Dandim, juga ada perbaikan mushalla dan MCK serta pembuatan pos ronda tak luput dari sasaran kerja prajurit gabungan TNI Angkatan Darat, Laut dan Udara. Untuk non fisik juga dilaksanakan, seperti Donor darah serta sebanyak 17 item kegiatan lainnya. Pembenahan administrasi juga masuk dalam kegiatan TMMD tahun 2018 ini. Dandim juga menjelaskan kegiatan TMMD kali ini dialokasikan anggaran sebesar Rp. 1,6 miliar, dari APBN dan APBD Tanah Datar juga Dana Nagari serta dari Mabes TNI Rp. 360 juta lebih, ungkapnya.
    Dia juga bersyukur, masyarakat dilokasi TMMD dapat berbaur dengan prajurit TNI, layaknya seperti keluarga sendiri dan diharapkan bisa menjadi keluarga besar dan bagian dari TNI,” Bersama masyarakat TNI Ok, TNI Kuat.” ucapnya.
    Untuk penginapan prajurit TNI, diinapkan dirumah warga, dimana rumah tersebut banyak yang kosong ditinggal penghuninya pergi merantau, sambungnya lagi. Pengerjaan disetiap bidang kegiatan TMMD sudah mencapai hampir 100%. Ada beberapa kegiatan yang belum rampung, ini disebabkan oleh faktor cuaca, dan diharapkan semua kegiatan sudah selesai menjelang akhir pelaksanaan TMMD nanti,” pungkasnya. 
    #   Tim

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa