• Breaking News

    Pemerintah Boleh Menaikan Harga BBM Dan TDL, Asal ...



    Pemerintah Boleh Menaikan Harga BBM Dan TDL, Asal ...
    Suryani Motik/Net
     
    SUMBAR RAYA.COM - - - Pemerintah ditantang untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) dan tarif dasar listrik (TDL). Hal itu karena kondisi ekonomi kian merosot akibat nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang semakin melemah.

    Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin), Suryani Motik mengatakan mau tidak mau, pemerintah memang harus menaikkan harga BBM dan TDL. Baik itu bagi pengusaha ataupun bagi rakyat, termasuk pelaku usaha kecil dan menengah (UKM).

    "Mau nggak mau pemerintah, berani nggak di tahun politik untuk menaikkan BBM. Karena kalau nggak bakal susah juga," katanya dalam diskusi bertajuk "Bisakah Bersatu Menghadapi Krisis Rupiah" di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (8/9).

    Suryani mengakui, menaikkan harga BBM maupun TDL merupakan dilema tersendiri bagi pemerintah. Terlebih, kebijakan itu diambil saat tahun politik seperti sekarang ini. Namun hal itu sebenarnya dapat diakali dengan membuat terobosan yang tepat.

    "Buat rakyatnya kan bisa intervensi subsidi langsung tanpa harus menyusahkan rakyat sebanarnya bisa," jelasnya.

    Untuk kalangan pengusaha, menurut Suryani, kenaikan harga BBM ataupun TDL sebenarnya bukanlah soal. Asalkan pemerintah mau membuat kebijakan tegas yang melindungi mereka. Konkretnya, dengan menyediakan pasar bagi pengusaha.

    "Coba lihat di daerah-daerah yang pemerintah mewajibkan dalam seminggu pakai batik lokal, tumbuh UKM-nya. Pasarnya ada, kalau ada pasar, datang ke bank mudah. Tapi sayangnya tidak semua seperti itu. Mulailah dari pemerintah. Coba kasih pasar sebesar-besarnya. Lindungi dulu produk dalam negeri, pakai produk yang diciptakan oleh pabrik yang ada di sini, oleh pengusaha yang ada di sini," pungkasnya. 

    # RMOL.CO

    No comments

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa