• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Diduga Calo, Kepala Disdukcapil Kota Padang Amankan Tiga Wanita Ini


    Diduga Calo, Kepala Disdukcapil Kota Padang Amankan Tiga Wanita Ini
    Wedistar Melakukan Sidak. 
    SUMBAR RAYA - Kepala Dinas Kependudukan dan catatan Sipil Kota Padang Wedistar, melakukan pembersihan didalam internal kedinasannya karena sudah gerah disebut sebagai dinas yang buruk dalam memberikan pelayanan birokrasi dan pelayanan masyarakat.

    Dalam upaya bersih-bersih itu, mereka mengamankan tiga orang yang diduga calo dalam pengurusan surat-surat administrasi. Sidak tersebut dilaksanakan pada Pukul 11.00 wib. hal ini membuat warga yang memadati lorong tempat pengurusan KTP, KK, akte kelahiran, kaget.

    Dalam sidak ini, dijumpai seorang wanita yang gugup saat ditanya Wedistar. Setelah berkas surat dicek, ternyata wanita ini tidak mengurus keperluan administrasi dirinya maupun keluarganya, melainkan milik orang lain. Langsung saja wanita ini diamankan oleh tim sidak dan dimintai keterangan di ruang penyelesaian masalah Disdukcapil.

    Kejadian yang sama juga didapati dipelayanan Kartu Keluarga. Dimana satu wanita juga berhasil diamankan petugas.Sampai sidak berakhir, petugas berhasil mengamankan dua wanita. Namun, saat dilakukan pembinaan oleh Wedistar, satu wanita lagi diamankan oleh petugas Satpol PP yang juga ikut dalam sidak.

    “Saya diminta tolong sama tetangga untuk mengurus KK. Soalnya, saya memang berencana ke Pasar Raya Padang. Jadi, apa salahnya saya mampir ke sini untuk memasukkan berkas,” kata salah satu wanita yang membantah disebut pungli ini menolak disebutkan namanya.

    Wanita lain yang diduga calo juga membantah sebagai calo. Maksud kedatangannya hanya untuk memasukkan nama anaknya yang selama ini tidak tercantum di dalam Kartu Keluarga.

    “Saya hanya ingin memasukkan nama anak saya ke dalam KK. Selama ini namanya tidak masuk,” kata wanita tersebut yang juga menolak disebut namanya.

    Namun, saat petugas menanyakan namanya tidak tercantum dalam KK yang dibawanya, sang wanita ini akhirnya tertunduk dan terdiam saja. Sidak ini hanya bersifat pembinaan saja, ketiga wanita yang sempat diamankan ini akhirnya dilepas setelah dilakukan pembinaan.

    Kepala Disdukcapil Wedistar katakan, sidak dilakukan sebagai bentuk dari konsistensi untuk memberantas pungli dan calo. Selama ini, telah banyak upaya yang dilakukan untuk membersihkan birokrasi Dukcapil. Namun, tetap saja ada calo yang mencoba meraup keuntungan, ujarnya.

    “Kami telah berusaha untuk memberantas dan membersihkan calo dan pungli. Sekarang kami langsung turun ke bawah untuk melihat dan membersihkan pungli dan calo ini. Tiga wanita yang diduga calo diamankan,” kata Wedistar.

    ”Kami serius memberantas pungli dan calo. Jika tertangkap dikemudian hari akan kami serahkan ke aparat kepolisian. Termasuk oknum pegawai di lingkungan Dinas Dukcapil sendiri. Saya tidak akan tebang pilih,” tegas Wedistar.

    "Kami meminta kepada masyarakat agar tidak menggunakan calo dalam mengurus administrasi di Disdukcapil. pelayanan saat ini sudah lebih baik dan cepat di bandingkan terdahulu. Di samping itu, segala pengurusan administrasi di Disdukcapil bebas biaya," ujarnya. (taf)

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa